Wednesday, April 6, 2016

Pengertian Browsing Serta Tips Aman Browsing

Semenjak dunia Internet berkembang, mulai banyak istilah-istilah asing yang masuk ke negara kita. Istilah asing yang datang umumnya berasal dari bahasa Inggris dan kebanyakan istilah asing itu memiliki arti yang masih sulit diketahui maknanya terlebih jika tak mengerti bahasa inggris sama sekali.
Ilustrasi Browsing
Ada banyak istilah bahasa inggris yang sekarang ini mulai tenar, salah satunya adalah browsing. Awalnya orang-orang kerap mengatakan istilah ini tatkala hendak mencari sesuatu di internet. Namun sebenarnya apa sih pengertian browsing.

Browsing berasal dari bahasa inggris yang kata bakunya adalah browse. Browse memiliki banyak arti yang di antaranya melihat-lihat, membaca-baca, dan makan disana-sini. Jika digabungkan menjadi Browsing maka akan lain lagi artinya.

Browsing adalah semacam kegiatan mengunjungi situs website untuk melihat-lihat atau juga membaca-baca informasi yang ada di dalamnya. Tujuan kegiatan ini dilakukan ialah untuk mendapatkan informasi-informasi penting seperti halnya info tips & trik, tutorial, berita, dan sebagainya.

Pada saat browsing seorang pengguna harus terhubung dengan koneksi internet. Jika tidak, kegiatan browsing ini tak bisa dilakukan. Oleh karenanya koneksi internet cepat dan stabil harus disiapkan terlebih dahulu apabila ingin browsing-an.

Kegiatan browsing mulai berkembang menjadi semacam hobi dan bahkan kesibukan tersendiri. Oleh sebab itu, jika saja mengalami kendala disaat sedang asik-asik browsing-an, pastinya akan kesal sekali bukan. Nah, berikut ini adalah tips supaya kegiatan berinternet ria (browsing) Anda menjadi nyaman terkendali.

Pastikan Anda berada pada Lokasi yang Memiliki Akses Jaringan Kuat

Lokasi koneksi internet yang cepat memang tidak bisa kita ketahui begitu saja. Perlu cara serta alat tertentu yang bisa digunakan untuk mengetahuinya. Salah satu caranya ialah dengan memperhatikan indikator sinyal/jaringan. Bilamana bar indikator sinyal penuh maka kecepatan internet dilokasi itu lumayan cepat. Namun, indikator sinyal penuh tidak serta merta menjamin kecepatan internet menjadi cepat dan stabil.

Pastikan Mengunjungi Website Aman


Website aman adalah website yang tidak terindikasi sebagai situs berbahaya. Website aman bisa ditandai dengan adanya https pada awal alamatnya. Tapi bukan berarti situs yang hanya ada http pada alamatnya tidak aman. Yang sesungguhnya perlu Anda tahu adalah dengan memperhatikan kalau situs itu tidak mencurigakan. Situs website mencurigakan biasanya berisikan hal-hal aneh, seperti adanya iklan-iklan tidak jelas, mengalihkan penggunanya ke situs phissing (penipuan), dan memaksa pengunjungnya mendownload file padahal pengunjung tidak memintanya.

Gunakan Mode 2G atau WiFi Bila Perlu
Mode 3G terkenal lebih boros baterai, sehingga Anda pastinya tak ingin kalau kegiatan membaca menjadi terhambat. Lantaran hal inilah Anda disarankan untuk mengaktifkan mode 2G (EDGE) atau WiFi saat sedang browsing. Memanfaatkan mode 2G atau WiFi untuk browsing akan lebih efisien dalam menghemat baterai smartphone.

Tidak Mendownload File Sembarangan

Mendownload adalah kegiatan mengambil data di internet untuk di simpan pada perangkat pemiliknya. Kegiatan ini jadi semacam kesenangan bagi beberapa orang, tapi ingatlah risiko yang dihadapi bila tak hati-hati. Ya, di saat browsing seharunya pengguna tidak sembarangan mendownload file, terlebih kegiatan browsing itu tujuannya hanya baca-baca bukan download file. Jadi jika ada semacam peringatan yang mengharuskan Anda mendownload file, disarankan untuk menolaknya atau jika terdownload secara otomatis batalkan langsung prosesnya. Jangan sampai file itu tersimpan di perangkat Anda, dikhawatirkan isi file hasil download itu adalah virus dan sebagaimana kita tahu virus adalah semacam program jahat yang sifatnya merusak dan sudah pasti Anda tak ingin ini dialami smartphone Anda bukan. Untuk itu, jangan lupa selalu berhati-hati dan jalikan mata pada setiap nontifikasi yang Anda. Agar lebih aman dan nyaman disaat browsing-an, pasanglah aplikasi AntiVirus diperangkat Anda. Direkomendasikan untuk memasang aplikasi AntiVirus yang memiliki fitur web access protection atau anti phissing, pasalnya fitur ini berfungsi menjaga pengguna agar tetap aman berinternet ria.

Benarkan Posisi Tubuh

Sudah menjadi rahasia umum kalau banyak orang menggunakan smartphone dengan posisi yang salah. Posisi yang tidak tepat kala memainkan smartphone bila berakibat fatal jika terus dilakukan. Ancamannya bisa beragam tergantung bagaimana kesalahan ia ketika bermain smartphone.

Kesalahan yang sering dilakoni saat menggunakan smartphone ada banyak, salah satu diantaranya adalah terlalu tunduk. Memainkan smartphone dengan posisi tubuh yang terlalu tunduk itu tidak baik karena akan berpotensi berbahaya pada tulang khususnya tulang belakang.

Selain terlalu tunduk, terlalu mendekatkan layar smartphone pada mata juga merupakan kesalahan fatal, karena akan berpotensi besar dalam merusak kesehatan mata. Radiasi dan kecerahan layar adalah pemicu utamanya. Akibat yang akan dirasakan apalagi kalau bukan rabun.

Posisi yang salah saat menggunakan smartphone akan berakibat yang jauh lebih buruk. Oleh sebab itu, kesadaran guna membenarkan posisi tubuh perlu ditumbuhkan. Adapun Anda bisa memposisikan tubuh dengan tegak akan tetapi tidak terlalu kaku dan usahakan pada posisi rileks sambil memainkan smartphone pada posisi tidak terlalu dekat.


EmoticonEmoticon