Wednesday, June 15, 2016

Cara Mengetahui Alamat ip Website atau Blog

Sebelum domain, alamat ip (ip address) adalah yang mendahului. Artinya, alamat ip lebih dulu diterapkan dalam menamai sebuah situs website atau blog. Namun, karena alamat ip terdiri dari urutan angka seperti 232.434.111.115, sehingga susah dihapal atau diingat oleh pengguna internet. Oleh sebab itu, dibuatlah sebuah sistem untuk menamai alamat ip tersebut sehingga mudah diinggat dan dihapal.

Sistem penamaan alamat ip itu disebut sebagai domain. Nama domain adalah sebuah penamaan alamat ip menjadi penamaan yang lebih mudah diingat seperti www.google.com, www.yahoo.com, www.dailymail.co.uk, www.bbc.com, www.google.co.id dan lainnya.

Tentunya, dari semua website yang ada di internet pasti memiliki alamat ip dan nama domain yang berbeda-beda. Coba saja kamu lihat dihasil pencarian disitus Google, disana kamu pasti melihat berbagai macam website dengan nama domain yang berbeda-beda. Namun demikian, dari semua nama domain itu, apakah mereka punya alamat ip?

Ya, semua website itu memiliki alamat ip masing-masing. Hanya saja, alamat ip ini tersembunyi dan kalah populernya dengan nama domain. Untuk mengetahuinya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti berikut ini.

1. Menggunakan CMD
CMD adalah sebuah fasilitas yang dimiliki oleh sistem operasi Windows. Melalui fasilitas ini, pengguna komputer dapat memasukkan pelbagai macam perintah kepada komputer Windows terkait. Adapun perintah yang bisa dimasukkan ada banyak, mulai dari menghapus file, mematikan komputer hingga mengetahui alamat ip sebuah website.

Adapun cara mengetahui alamat website dengan CMD bisa dilakukan dengan gampang, yaitu hanya dengan membuka CMD.

Klik tombol start dan pada menu pencarian ketik CMD, nanti komputer kamu akan mencarinya secara otomatis. Dan bila ketemu fitur "CMD atau Command Promt", maka diklik. Setalah itu, akan terbukalah fasilitas CMD, disana kamu bisa memberikan perintah untuk mengetahui alamat ip dari sebuah nama domain. Caranya ialah dengan mengetik perintah berikut.


ping www.namadomain.com Dalam praktiknya, kamu bisa terapkan seperti ini ping www.google.com.

2. Menggunakan Website
Selain dengan menggunakan CMD, kamu bisa mengetahui alamat ip dari sebuah nama domain website dengan menggunakan website. Adapun website yang menyediakan fasilitas demikian adalah berikut ini.
https://www.site24x7.com/find-ip-address-of-web-site.html
get-site-ip.com

Itulah tadi cara untuk mengetahui alamat ip sebuah website atau blog. Dengan adanya informasi ini diharapkan dapat membantu Anda semua.

1 comments

caranya gimana gan untuk yang kedua?

kok pakek domain?

https://bit.ly/2NZvibw


EmoticonEmoticon