Sunday, June 12, 2016

5 Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop

Mengetahui atau Melihat spesifikasi pada laptop atau komputer adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Tidak perlu waktu banyak hanya dalam beberapa detik Anda pun dengan mudah mengetahui spesifikasi yang ada di dalam laptop atau komputer Anda. Namun meski penasaran mengenai seberapa tinggi spesifikasi suatu komputer, tapi jika tidak mengetahui arti atau makna dari spesifikasi maka sama saja kosong. Karena akan sulit untuk memahami tinggi tidaknya spesifikasi komputer kalau pengertian spesifikasi saja tidak tahu. Oleh karena itu Anda jangan khawatir apalagi tersinggung, pasalnya artikel ini dibuat tidak hanya untuk mengetahui spesifikasi namun juga disertai dengan penjelasan pengertian spesifikasi itu sendiri.


Spesifikasi adalah perincian atau juga pendetailan tentang deskripsi suatu hal seperti halnya benda. Saat ini benda yang paling sering dilihat rinciannya adalah barang elektronik seperti smartphone, laptop, komputer, kamera dan lainnya. Benda elektronik memang sering dipertanyakan spesifikasinya, karena itu adalah hal penting yang harus diketahui sebelum membelinya. Jika saja membeli barang elektronik tanpa memperhatikan spesifikasi maka akibatnya akan rugi sendiri. Karena bisa saja Anda menyesal dikemudian hari lantaran dulunya tak mengenal spesifikasi.

Hal-hal yang biasa dijabarkan dalam spesifikasi adalah hal penting dan utama seperti sistem operasi yang terpasang, versi sistem operasi, tipe layar atau monitornya, terdapat dukungan WiFi apa tidak, speaker atau audionya, Jumlah RAM-nya, kemampuan prosesornya, kapasitas memorinya, dan banyak lagi yang lainnya.

Semua hal itu memang harus penting diketahui secara gamblang sebelum membeli perangkat komputer atau laptop. Dengan mengetahui spesifikasinya maka secara otomatis Anda akan tahu fitur-fitur apa saja yang ada di dalamnya dan kelebihan atau kekurangan apa saja yang ada di perangkat yang hendak dibeli. Jangan sampai menyesal membeli komputer atau laptop dengan harga mahal namun tidak disertai spesifikasi yang jago. Agar terhindar dari hal itu, maka mengetahui spesifikasi komputer atau laptop dirasa adalah hal wajib dan penting dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahui seberapa kemampuan spesifikasi komputer. Anda bisa mencobanya pada komputer sendiri atau mengeceknya pada komputer yang ingin dibeli, tapi sebelum itu izin dulu sama penjual untuk menghidupkannya ya.

1. Cara Pertama
  • Pastikan komputer stand-by pada layar desktop dasar. (Pastikan komputer Anda terinstal sistem operasi Windows)
  • Kemudian, pada shortcut (Mycomputer atau This PC) di klik kanan dan pilih properties. Atau juga bisa dengan menekan tombol berlogo Windows + Pause Break.
  • Setelahnya akan muncul jendela baru yang akan menampilkan beberapa spesifikasi utama seperti sistem operasi, merek laptop, jumlah RAM, dan tipe sistemnya.



2. Cara Kedua

Itu tadi adalah cara untuk menampilkan spesifikasi komputer. Namun informasi spesifikasi yang diberikan belum terlalu lengkap. Oleh karenanya cara berikut ini adalah cara kedua yang juga menampilkan informasi spesifikasi yang lebih banyak.

  • Pada jendela yang sama (nomor 3 di atas), klik "Windows Experience Index".




  • Setelah itu klik "View and print detailed perfomance and system information".




  • Kemudian muncul jendela baru dan pada jendela itu ditampilkan spesifikasi laptop atau komputer.

3. Cara Ketiga

Anda juga bisa mencari spesifikasi mengenai komputer atau laptop di kotak dus yang didapat saat pembelian komputer atau laptop. Selain itu bisa juga dengan melihat buku paduan atau sejenisnya dan hendaknya cari bab mengenai Spesifikasi atau Fitur. Jika ada, di sana Anda akan mendapatkan informasi mengenai perangkat komputer atau laptop Anda itu.

4. Cara Keempat

  • Klik menu start, lalu ketik "system information" pada kolom pencarian di sana.
  • Atau buka menu run dengan cara menekan tombol berlogo Windows + R, setelahnya akan terbuka fitur Run dan ketikkan "msinfo32.exe". Setelah itu Enter.


5. Cara Kelima

Selain itu juga, Anda bisa mengetahui spesifikasi melalui Google dengan kata kunci [spesifikasi laptop 'merek' 'tipe'].



Itu tadi adalah beberapa cara mengetahui spesifikasi komputer atau laptop. Anda bisa langsung mempraktikkannya dengan mudah pada laptop sendiri.


EmoticonEmoticon